LUNGKOMAS

lungkomas pusat aneka bakso nugget curah denpasar,jual eceran dan grosir

2017/07/28

CARA MEMBUAT HARGA BAKSO TETAP MURAH

Menjaga Kwalitas

LUNGKOMAS.COM - Cara cerdas membuat bakso daging sapi ekonomis adalah dengan cara sebagai berikut :

1.      Memperkecil ukuran bakso agar tetap terjangkau tanpa mengurangi komposisi daging sapi di dalamnya. Bakso dari ukuran berat 15 gram bisa dikurangi menjadi 10 sampai 12 gram per butir sehingga tetap terbeli.

2.      Merekayasa bahan baku, misal dengan menggunakan bahan daging sapi yang lebih murah (second grade quality) misal tetelan atau boneless. Memang sedikit berpengaruh terhadap rasa dan tekstur karena kandungan lemaknya bertambah. Daging sapi tanpa lemak lebih mahal. Namun jangan salah, lemak disatu sisi menciptakan aroma “beefy” yang disukai konsumen. Hidangan ini memang cocok disajikan panas panas.

3.      Menambahkan bahan baku sejenis yang lebih murah misal dengan mengabungkan 30% sampai 40% daging ayam yang memang lebih murah dibanding sapi. Dari sisi tekstur dan rasa tidak terlalu berpengaruh besar. Gunakan ayam bagian dada karena lebih netral dibanding paha. Sebaiknya tidak menambahkan kulit ayam karena kulit ayam memiliki khas rasa ayam yang kuat sehingga mempengaruhi taste sapi nya.

4.      Menggunakan mesin penggilingan daging yang lebih sempurna menghasilkan adonan sehingga tingkat kerusakan rendah. Anda bisa menyewa atau menggunakan jasa gilingan bakso di pasar pasar tradisional dengan harga per  kg bervariasi dari termurah tiga ribu sampai empat ribu rupiah.

5.      Menambahkan bahan aditif misalnya fosfat (sodium tri polyphosphate) untuk membantu bakso tetap kenyal dan merestruktur daging yang telah dipotong potong. Penggunaan fosfat diperlukan untuk menjaga keseimbangan adonan.

6.      Menambahkan es lebih banyak dan pemilihan mutu daging yang baik. Es pada saat membuat adonan disamping menurunkan suhu agar protein tidak mudah rusak saat proses pengadukan, secara ekonomis bisa menjadi komponen yang dapat menambah berat. Harga es lebih murah jauh dibanding daging sapi. Pemilihan mutu daging yang bagus memiliki korelasi yang kuat terhadap penambahan es. Semakin bagus daging, semakin bagus protein, kemampuan menyerap air semakin kuat. Bakso daging sapi yang tidak kenyal atau “ngeprul” adalah akibat protein yang rusak.

7.      Menambahkan tepung tapioca dan sagu lebih banyak karena harga nya relative lebih murah dibanding daging sapi itu sendiri.

itulah cara mensiasati mahalnya daging sapi dan bisa menjual bakso sapi tetap murah,
keuntungannya bagi penjual adalah,tetap mendapatkan laba yang lebih,biarpun daging sapi mahal.
efeknya bagi penjual adalah mungkin mendapatkan koplain dari pelanggan atau yang lebih buruk di tinggalkan pelanggan,karena sekarang kwalitas baksonya menurun atau ukurannya tambah kecil.




iklan