IBX5A5F5671B8E2A toko online jual bakso ayam,sapi,ikan,nugget,sosis,scallops,kaki naga,kikian,siomay,pangsit,tahu isi,otak otak,bali denpasarLUNGKOMAS.COM: ROMBONG BAKSO KELILING JAMAN DAHULU DAN SEKARANG

2018/09/24

ROMBONG BAKSO KELILING JAMAN DAHULU DAN SEKARANG

gambar ilustrasi



LUNGKOMAS.COM - Membahas seputaran bakso  pentol orang yang jualan sampai rombong yang di pakai jualan sangat menarik bagi saya,membahas rombong bakso keliling jaman dahulu dan sekarang, mungkin ya mungkin belum ada blog yang membicarakan masalah ini.




Menurut saya apa yang ada didunia ini apapun itu selalu mengikuti kemajuan jaman,dari penyakit saja sudah keliatan kalau mengikuti perkembangan jaman.apa ada dahulu penyakit HIV..? gak ada kan..setelah kemajuan teknologi sekarang ada penyakit itu...dari makluk halus hantu juga mengikutinya..cobak apa ada dahulu hantu naik mobil? gak ada kan..tidak lupa pula penjual bakso.penjual bakso juga selalu updet mengikuti perkembangan jaman dan teknologi.

Ya cuman dalam mengikuti perkembangan jaman itu semua sesuai keberadaannya masing masing sesuai tempat dan porsi masing masing.dalam perkembangan dalam penjualan bakso keliling itu saja sudah banyak yang mengikuti jaman,dari penampilan penjual, rombong ,api ,tempat dagangan ,cara penyajian , dan aneka ragamnya paduan baksonya.




Nah jaman dahulu dalam berjualan bakso keliling orang menggunakan cara dengan dipikul,jadi rombong bentuk kotak ada dua kira kira ukurannya ya 40 x 40cm persegi.yang satu untuk tempat pentol ,mie kuning kering sudah bulatan,gorengan,tahu.itu tempat kotaknya agak tinggi sekitar 60 cm..dengan dikasih cendela lobang lobang kecil atasnya tempat caos sambal bawang dan sledri rajang.kemudian rombong yang satunya tinggi besar sama,tapi hanya berbentuk lubang untuk menaruk dandang atau kwali ( dari tanah liat )  sebagai tempat kuah bakso dan bawahnya dikasih anglo tempat arang menyala supaya kuah baksonya tetap hangat.
lalu masing masing kotak tadi dikasih tali untuk mengaitkan  pikulan untuk mengangkat kotak masing masing ketika penjual bakso berjalan keliling. ya berat sih berat,karena jaman dahulu belum ada kendaraan mau gimana..ada begituan..demi menghidupi keluarganya ..lanjutkan perjuangan.

Tapi kalau jaman sekarang rombong bakso keliling sudah beda,cara berjualannya sudah beda.sekarang mah enak.tidak usah mikul.rombong bakso keliling jaman sekarang bentuknya kotak memanjang dan saling terkait,lalu cara berkelilingnya memakai sepeda motor. rombomng tinggal naikin diatas motor dan ruuunggggg enteng saja motor berjalan..sepertinya kalau rombong sekarang gak usah dibahas semua orang sudah sama tau ya..eheheheheh....tapi yang saya heran kok masih ada orang mengeluh ya..saya pernah di jadikan tempat keluh kesah penjual bakso keliling,padahal memakai motor. sebagai tetangga  ya saya dengarkan saja, katanya " jualan bakso keliling capek enakan tinggal terima duwit dari istri di hongkong " saya ya hahhahahahahahahahahaha ketawa doong..  dan saya juga tidak menjawab..tapi dalam hati saya berkata " dasar pemalas.



Ya mungkin karena jaman sudah maju jaman milenia serba minta cepat,jadi ada saja orang yang melihat sesuatu itu dari segi enaknya saja.penjual bakso keliling jaman dahulu itu umumnya sehat dan awet hidup,karena setiap hari olahraga,seperti pak tani setiap hari pergi keladang sawah itu kan juga olahraga..

Jadi kalau di bedakan rombong bakso keliling jaman dahulu dan sekarang itu sudah 380 derajat terbaliknya.makanya bersyukurlah yang ngerasaain hidup dijaman milenia ini bisa menikmati apa saja dengan mudah..khususnya para penjual bakso ayo tetap semangat lanjutkan perjuangan jangan banyak mengeluh..carilah celah untuk berjualan yang bisa mengikuti perkembangan jaman dan teknologi." ini saran saya kepada penjual bakso  pemula ,kalau yang sudah senior boleh baca tapi tidak boleh mencibir,ingat dosamu belum terbayar saat kamu mencibir dahulu" hahahahah..

semoga berfaedah dan menjadikan semangat saat kalian selesai membaca ini

olshop; baksobeku.com
inspirasi baksotradisional

#rombongbakso #rombongbaksokeliling #rombongbaksopikul