IBX5A5F5671B8E2A toko online jual bakso ayam,sapi,ikan,nugget,sosis,scallops,kaki naga,kikian,siomay,pangsit,tahu isi,otak otak,bali denpasarLUNGKOMAS.COM: PAK KORING BIKIN BAKSO SECARA TRADISIONAL

2018/09/21

PAK KORING BIKIN BAKSO SECARA TRADISIONAL


ilustrasi saja


LUNGKOMAS.COM- membuat bakso ala ala pak koring jamAn dahulu..selain super lama juga super sehat dan lama lama lengan kita bisa kenyal juga heheheeh.
namanya pentol bakso itu jaman dahulu cara membuatnya tidak segampang sekarang.jaman dahulu membuat bakso harus mengeluarkan exstra tenaga.




Cara membuat pentol bakso sekArang tinggal giling cetak semuanya pake mesin.kalau jaman dahulu kita membuat bakso 2 kilogram saja bisa menghabiskan waktu setengah hari.
ini ceritanya sekitar tahun 1985an.saya mempunya tetangga yang propesinya jualan bakso keliling dari kampung ke kampung lain,tapi waktu itu belum ada saingannya sama sekali.dan cara kelilingnya masih dipikul bukan pake gerobak.tapi baksonya mantab enak banget namanya pak koring asli wates brang kidul .tapi merantau di  sukorejo bumirjo mbrang lor sebagai tetangga saya.

Sebenarnya begini..antara brang kidul dan brang lor itu karena wilayah itu cuman di batasi sungai brantas.wilayah samben keutara itu branglor wilayah samben keselatan disebut brangkidul..itu hanya lidah orang jawa saja biar enak mengingatnya dan mengucapkannya,kalau aslinya ya yang disebut brang lor kidul itu banyak desa.

Nah saya pernah melihat cara pak koring bikin bakso secara tradisional.yang sangat mengeluarkan keringat serta tenaga .dan keringatnya kadang jatuh di daging..tapi mengapa baksonya kok enak ya ,hahahahahah...tambah vitamin katanya orang dulu.mantaabb...




begini caranya ;

  1. pak koring pagi pagi pergi kepasar yang jaraknya 10km untuk belanja daging dan lain lainnya.pilih daging campur saja gak harus pilih daging satu dua tiga.jaman dulu belum ada bakso atau daging KW.adanya cuman satu jenis
  2. jam 7pagi pak koring sudah nyampe dirumah dan mulai dagingnya  dicincang dengan alas kayu bulat dipukul pukul sampai lembut halus berserat,daging 3 kg membutuhkan waktu sekitar 2jam pemukulan
  3. daging kemudian dicampur dengan tepung kanji bumbu dan rempah lainnya dalam wadah baskom besar.diuleni dicampur ,dengan tubuh penuh peluh,saya lihat pak koring dengan semangatnya menguleni adonannya sambil di tabur tabur air..( kalau sekarang es )
  4. setelah campur rata dan agak kalis adonan dicetak dengan tangan kiri (waktu itu) namaya di cotot dengan alat sendok makan,caranya adonan di genggam dan di remas,adonan keluar di sela sela jari telunjuk dan jempolan kemudian di sendok dan dimaukkan ke dalam air mendidih tungku api dari kayu.
  5. jadi saat adonan dicetak itu langsung masuk kedalam air panas.setelah bulatan pentol naik atau mengapung kemudian diangkat
  6. bulatan bakso memang tidak halus,kalau sekarang namanya bakso sapi kasar..dah pasti tu..
  7. setelah semuanya selesai bulatan pentol di masukkan kedalam air panas semua untuk mematangkannya atau sekedar matang,karena nanti masih di taruk dalam dandang panas saat berjualan kelilingnya.
  8. pak koring kemudian menganggkat bulan bakso yang sudah selesai dimatangkan kemudian ditiriskan ,tidak dikipas tapi dibiarkan.sambil menunggu jam berangklat keliling pak koring persiapan bikin kaldu dari air rebusan bakso tadi.selain itu juga persiapan bikin tahu isi dan gorengan.serta ngrebus mie .



begitu lah sampai jam berangkat keliling tiba pak koring berangkat sambil mikul dagangannya ,dandang bakso isi kuah dibawahnya pakai arang kayu biar panas terus kuahnya,dan sambil megang alat seperti kentongan untuk cara menawarkan dagangannya yang berbunyi tik tok tik tok.kalau sekarang pake mangkok ting ting ting...ahh gak seru,,masih seru dulu tik tok ehehhehe

pak koring keliling dari kampung kekampung sekitar sejauh 2km saja.karena dagangannya pasti sudah habis .selain enak dan juga belum ada dagang bakso lainnya.jaman itu pak koring sangat terkenal dari desa desa kedesa.yaa reab ombo kesamben itu sejauh 13km 70% masyarakat  kenal pak koring situkang bakso.orangnya kerepeng item tapi baksonya jos.istrinya gemuk jualan dipasar resab ombo.memang sekeluarga merantau ke lain daerah.dan sekarang nih menantunya yang bernama joni tidak mau nglanjutin usaha mertuanya..itulah sekilas cara bikin bakso tradisional ala pak koring dari wates mbrang kidul blitar.

mungkin kalian mau mencoba membuat bakso ala pak koring,supaya tau gimana rasanya memukul daging ,silahkan dicoba yahh dipikir ini olahraga saja gitu..heheheeheh..

terima kasih pak koring ,ternyata ilmumu menular kepadaku  hanya beda jaman beda cara beda pemasaran beda tempat,padahal dulu aku hanya suka minta kuah baksomu saja loo heheheh jarang beli hahahah..

sumber inspirasi ; pak koring
sumber olshop ; baksobeku.com